Tutorial Membuat ISO Image Windows XP dengan nLite

11 Feb 2014

Lama, lama sekali saya ingin membuat
tutorial ini. Kali ini saya akan memaparkan cara membuat ISO image
Windows XP Professional dengan software nLite. Freeware buatan Dino
Nuhagic ini dapat diperoleh dari websitenya. Versi yang dipakai pada
tutorial ini adalah 1.3. Saya sudah mencoba beberapa software,
di antaranya BartPE, xp-ISO-builder, PEBuilder, folder2ISO, ImgBurn,
dan beberapa software lain sampai akhirnya saya menemukan nLite.
Software kecil ini bagus dan memiliki keunggulan sendiri daripada
yang lain.
Nasihat saya: aplikasi ini biasanya disalahgunakan untuk pembajakan dan hal tidak baik lainnya. Saya menyarankan pembaca untuk menerapkan tutorial ini hanya pada Windows original. Alhamdulillah di sisi saya saat ini ada DVD Windows Seven Starter original. Gunakanlah hanya untuk diri sendiri atau kebijakan lain yang tidak melanggar perjanjian lisensi. Karena itu insya Allah lebih selamat bagi kita[1].

Keunggulan Nlite

1) Dukungan terhadap banyak OS Windows, seperti:

  • Windows XP (Pofessional, MCE,N, x64 Professional, dan Home)
  • Windows 2000 (Professional, Server, Advanced Server)
  • Windows 2003 (Standard, Web, Enterprise, R2, dan x64)

2) Dukungan banyak bahasa, seperti Spanyol, Jerman, Italia, Jepang, Arab, dan yang penting Bahasa Indonesia.

3) Dokumentasi jelas dan lengkap. Memang tidak ada Help, namun tiap option konfigurasi diberi help masing-masing.

4) Aplikasi burning terintegrasi, jadi Anda bisa memburn ISO anda langsung setelah jadi.

5) Pilihan kustomisasi yang luas dan bebas, serta banyak lagi!

Langkah-langkah Membuat ISO
Sebelumnya siapkan dulu semua yangdiperlukan untuk membuat ISO. Kali ini kita akan membuat ISO dariWindows XP Professional, karena itu siapkan CD Windows (yang original). Kalauperlu silakan copy dahulu seluruh isi CD ke hard disk untukproses yang lebih cepat. Sudah? Nah, sekarang mari instal nLite danikuti tahapannya:

Jalankan nLite dan pilih konfigurasi bahasa Indonesia.

Kemudian tentukan path menuju semua isi CD Windows. Kalau sudah di-copy, masukkan path ke direktori tempat Anda paste semuanya.

Pemilihan Tugas: Di sini Anda akan diberi 4 kategori opsi pembuatan ISO. Semua opsi berjumlah 8. Berikut penjelasan untuk tiap opsi:

  1. Paket Layanan/Service Pack: pilihan untuk menambahkan service pack ke dalam OS buatan Anda ini.
  2. Hotfixes dan paket pemutakhiran: update dan hotfix Windows. Bagian kecil dari service pack. Biasanya nama file diawali dengan KB.
  3. Driver: integrasi driver hardware yang anda mau. Misalnya ingin membuat XP yang mendukung souncard Soundblaster, maka masukkan drivernya ke ini.
  4. Hapus Komponen: menghapus komponen pada OS yang akan dibuat ISO-nya. Sangat berguna bagi OEM atau mereka yang ingin mengistal Windows tanpa komponen tertentu misalnya game. Installer jadi kecil, dan CD Anda tidak terlalu penuh.
  5. Unattended: memberikan setting awal pada OS ini. Seperti memasukkan Serial, menambah username, pengaturan regional, juga mengintegrasikan tema dekstop. Dengan mengaktifkan Unattended, Anda tidak perlu mengatur lagi semua pengaturan dasar yang telah ditentukan ketika OS ini nanti diinstal. Jadi jika Anda sudah memasang CD-key di awal, nanti tidak akan ditanya lagi mengenai CD-key oleh Windows. Enak kan? Sekali lagi, jujurlah pada diri Anda sendiri.
  6. Opsi: mirip seperti Unattended. Namun lebih teknis seperti konfigurasi patch, opsi MUI, dsb.
  7. Tweaks: aneka tweaks registri dan pengaturan startup services.
  8. Bootable ISO: membuat ISO yang bisa dipakai booting.

Kali ini saya akan mencontohkan opsi Hapus komponen dan Unattended saja. Sisanya silakan Anda coba sendiri.

Hapus Komponen

Mari lihat, komponen apa sih yang beneran diperlukan Windows? Sebenarnya untuk bisa berjalan normal, Windows hanya memerlukan sedikit komponen. Banyak sekali komponen yang sebenarnya tidak diperlukan, meskipun pandangan ini relatif untuk semua orang. Namun sebaiknya kita coba saja, karena buktinya komponen seperti games, tipe keyboard, driver yang hardware-nya tidak perlu jika Anda tidak punya camcorder, buat apa drivernya?, serta beberapa komponen lain hanya berguna sebagai pelengkap. Pada popup awal, tersedia pilihan mana yang akan Anda pilih untuk menghindari salah buang karena popup tersebut menampilkan hanya komponen penting. Kalau perlu tutup saja popup itu. Nah, kini cawangi komponen mana saja yang tidak dibutuhkan.


Unattended

Ada beberapa tab dalam step ini. Agak membingungkan, namun saya akan menjelaskannya satu per satu.

Tab Umum: anda bisa menentukan masalah Unattended ini serta OEM. Kemudian jika anda bosan dengan nama Program Files maka anda bisa menggantinya. Di sini saya menamainya Xaverius. Seperti yang saya tulis tadi, anda bisa menentukan di awal CD-keynya. Maaf, saya sengaja mem-pixelize nya karena masalah lisensi. Anda juga boleh mematikan firewall atau sekalian system restore yang membingungkan itu.

Tab Jalankan 1x: memberi perintah khusus ketika user login.

Tab Pengguna: Anda boleh menambahkan user baru berapa pun jumlahnya. Sayang kustomisasinya tidak bisa menghapus dua account default. Di sini saya membuat sebuah username baru bernama Xa dan passwordnya jet. Anda juga bisa memberikan kebebasan dengan opsi kata sandi kosong. Hal ini akan memberikan login otomatis (yang nyaman), namun hanya berlaku bagi Anda yang pemberani.

Tab IDJaringan: konfigurasi untuk OS yang komputernya terhubung ke LAN. Juga men-set nama komputer. Seperti biasa, masukkan workgroup sesuai nama workgroup LAN.

Tab Regional: seperti biasa juga. Set ke tempat Anda berada sekarang. Boleh juga dicoba yang lain, semua terserah.

Tab Setting jaringan: di sini Anda bisa men-set dahulu jaringan untuk OS ini nanti. Seperti IP, gateway, MAC, dsb.

Tab tema desktop: integrasikan tema Anda sendiri atau masukkan tema lainnya. Misalnya Anda ingin tema default OS ini nanti MacOSX, masukkan saja dengan menentukan path. Biasanya tema Windows disimpan di C:\WINDOWS\Resources\Themes. Jangan lupa, extension *.msstyles. Jadikan tema default dengan opsi di kanan.

Tab otomatis memutakhirkan/automatic update: mengaktifkan AU untuk Windows. Lengkap dengan opsi jadwal dan jamnya.

Tampilan: mengatur default appearances-nya desktop. Seperti Resolusi, frekuensi, kedalaman warna, dll.

Komponen: menginstal IIS.

Proses Penyatuan akan berlangsung sebentar.

Bootable ISO

Pembuatan ISO dimulai. Silakan pilih opsi Buat citra untuk memulai. Anda bisa memilih opsi lain. Jika ingin langsung bakar tanpa ba-bi-bu maka pilih saja Bakar langsung. Hasilnya tetap CD bootable yang bisa dipakai menginstal. Namun jika Anda memang butuh ISO (untuk keperluan virtualisasi dan semacamnya) maka pilih saja Buat Citra. Anda bisa ganti label untuk ISO-nya nanti. Saya pilih OS. Lalu Klik Buat iso, tentukan path tujuan, dan tunggu sampai ISO selesai dibuat.

Akhir

Bagaimana? Mudah bukan? Dengan nLite Anda bisa membuat ISO dengan tempo sesingkat - singkatnya. Sangatmudah digunakan, dan terdokumentasi dengan baik. Menandakan software ini dikerjakan dengan sungguh-sungguh oleh developernya. Kini Anda telah mampu membuat ISO image sendiri. Entah atas nama backup, belajar,buat recovery, atau virtualisasi. Kini kiranya jika Anda punya waktuluang, bisa kok membuat Windows Custom Edition milik Andasendiri. Asal jangan disalahgunakan, ya? Adapertanyaan? Keluhan? Silakan comment. Insya Allahakan saya balas. Sekian, semoga bermanfaat.
Sumber :http://bukanpenggunawindows.blogspot.com


TAGS Windows Instal


-

Banner


Visitors

Flag Counter IP